Pages

Selasa, 26 Maret 2013

Belajar Menjadi sukses 4


           BANGKITKAN !!!! Raksasa Tidur Dalam Diri Anda


           Kekuatan kesuksesan lahir dari faktor-faktor yang sangat menunjang, pembentukkannya. Dala buku The Power of Sucsess karangan Jonathan Saturo, ia membagi faktor-faktor tersebut dari A sampai Z. Pembagian yang sangat lengkap dan komprehensif karena kesuksessan memang tercita dari berbagai kekuatan positif yang harus dimunculkan. Oleh karena itu :

1.     Munculkan mental SUKSES dalam dirimu
Untuk memunculkan metal itu sendiri, anda harus memiliki : Dream (mimpi), Faith (keyakinan), Confidence (percaya diri), Boldness (keberaniaan), Enthusiasm (antusiasme), Discipline (disiplin), Character (karakter), Assertiviness (ketegasan), Determination (ketetapan hati), Hard work (kerja keras), Imagination (imajinasi), Inner stenght (kekuatan dalam diri), Self Analisys (analisa diri), Initiative (inisiatif), dan Zeal (semangat).

2.     Berdayakan kekuatan di luar dari diri kita
Kekuatan itu dapat berupa Friendship (persahabatan), Assistance from All Quaters(bantuan dari semua pihak), Team Work (kerjasama tim), Tools and Material (sarana & prasarana).

Salah satu pelajaran kehidupan yang sangat berarti yang bisa dipelajari adalah seni menggunakan pengetahuan dan pengalaman orang lain. Karena pada dasarnya manusia tidak lebih dari potongan-potongan kain yang  tidak bisa dikenakan dalam tubuh kesuksesan, kecuali mereka disatukan dengan jahitan-jahitan persahabatan. Ketika kita membentangkan tangan pershabatan kita ke semua orang, kehidupan kita akan menjadi sangat kaya. Semakin besar jaringan pertemanan dan seorang pendukung dan bahkan dalam berbagai situasi, maka akan lebih baik usahanya dalam menemukan kesempatan-kesempatan.

3.     Manfaatkan kekuatan besar yang berasal dari luar diri
Kekuatan besar yang berasal dari luar diri kita adalah masalah Luck  (keberuntungan), Prayer (do’a), Natural Lows Of Attraction (hukum alam tarik menarik) dan X-tra Factor (faktor ekstra). Keberuntungan bisa dikembangkan dengan cara menyatukan karakteristik yang bisa meningkatkan potensi diri dalam kehidupan sehari-hari.

4.     Peka akan ‘Kondisi Sukses
Kemampuan kita untuk menyikapi kodisi sukses sangat penting, sama penting ketika kita menyiapkan mental sukses. Kekuatan Contentment (kepuasan diri), Gratitude (ungkapan terima kasih), Gift Of Joy (hadiah kebahagiaan), Smile (senyum), Spirit Of Sharing (semangat berbagi) dan Wisdom (kebijaksanaan).

Kesemua kekuatan letaknya ada di dalam hati (Keyakinan). Orang yang puas hati tidak membutuhkan lebih banyak kebijaksanaan agar memungkinkannya berbagi pengetahuan dan pengalaman hidup untuk memperkaya kehidupan orang lain. Kepuasan hati mampu memberikan kedamaian pikiran padanya, kesehatan yang mantap, rumah yang menyenangkan dan masa-masa yang menyenangkan untuk dilalui.

Kadang kala, kita harus bisa mengsinergiskan dua hal yang berberda menjadi satu bentuk kekuatan yang besar. Sebagai contoh, kekuatan akuntabilitas (accountability). Kekuatan bukan hanya bagaimana menghasilkan uang, namaun bagaimana menjadikan manusia ketika dia menghasilkan uang. Namun, di sisi lain ada kekuatan kemandirian finansial (Financial Independence). Karena meskipun kesuksesan tidak diukur dengan kekayaan materi semata, namun uang mencerminkan sebuah faktor penting dalam kesuksesan. Kita harus mengenali kekuatannya. Dengan demikian, nilai pantasnya dalam dunia materi ini diberi sebuah penekanan yang pantas.

Menariknya, ternyata kelemahan yang kita miliki sebagai seorang manusia biasa pun bisa menjadi potensi kekuatan meraih kesuksesan. Sebagai contoh adalah katakutan (Fear). Ketakutan merupakan sebuah antisipasi suatu yang belum muncul. Ia merupakan emosi sesaat yang dimaksudkan untuk menjaga kita dari bahaya, yang menyebabkan kita mampu menghentikan dan mempelajari sebuah situasi sebelum membuat keputusan atau melakukan sebuah tindakan. Fear itu sendiri menurut saya merupakan kependekan dari False Evidence Appears Real (bukti palsu yang kelihatannya nyata). Kelemahan yang dapat diubah menjadi kekuatan sepanjang manusia memiliki kemampuan untuk mentransformasi kekuatan-kekuatan rasa takut yang destruktif ke dalam kekuatan kepercayaan diri yang konstruktif.

Berbicara mengenai kepercayaan diri (Confidence), merupakan hal yang bisa dibutuhkan. Ia bersifat persusif dan menarik perhatian. Setiap orang bisa membekalinya pikirannya dengan kepercayaan diri yan mewadahi agar bisa mentransformasi pikiran tersebut ke dalam sebuah kekuatan yang bisa menjadikan mereka manusia yang mandiri, dinamis dan positif. Sebuah mimpi yang terpatri dalam pikiran bawah sadar, oelh penegasan yang terus menerus, secara otomatis akan menjadi blue print yang digunakan oleh kekuatan pikiran yang tidak nampak untuk mengarahkan usaha seseorang dalam memenuhi mimpi tersebut.

            Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah kekuatan Cinta dan Sentuhan Cinta (Love and Labour Of Love). Uang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal, namun cinta bisa melakukan lebih banyak lagi, karena pada dasarnya semua kebaikan bersal dari cinta. Banyak orang membentuk pandangan sempit bahwa pekerjaan mereka hanyalah sebuah cek upahan bulanan untuk menghidupi  dan melindungi keluarga mereka. Mungkin dalam beberapa hal, ini menjelaskan mengapa kebanyakan orang melakuakan pekerjaan mereka dengan penuh kejenuhan dan ketidakbahagiaan.
 
Senangnya berbagi.... :)
Bagi anda yang mau copas (Copy & Paste) silahkan saja, tapi jangan lupa... cantumkan url / alamat blog saya : http://caturabdiyanto.blogspot.com
Belajarlah untuk sportif....
Salam BBC
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar