Pages

Selasa, 26 Maret 2013

Belajar Menjadi sukses 6


 SUKSES IQ (INTELEKTUAL QUOTIENT) 

PANDAI, PINTAR dan CERDAS


           Susah juga mencari pengertian atau definisi dari ketiga kata ataupun judul diatas. Mungkin, anda akan menganggap ketiga kata tersebut diatas sama. Karena tidak ada kamus untuk membedakannya, maka saya akan buat definisi sendiri untuk memaknainya dan supaya anda semua tahu. Kalau salah ataupun anda menganggapnya salah, berarti anda mengetahui definisi yang sebenarnya, maka tolong anda beri tahu.

            Pandai saya maknai sebagai seseorang yang mampu memanfaatkan kemampuan otak kirinya secara baik. Alasanya adalah, otak kiri merupakan otak yang berfungsi untuk melakukan analisa-analisa, melakukan perhitungan dan mengambil keputusan. Biasanya, orang yang mampu memaksimalkan fungsi otak kirinya akan mendapatkan nilai dan ranking yang bagus di kelas, atau dimana ia belajar.

            Pintar saya maknai sebagai  seseorang yang mampu memanfaatkan kemampuan otak kanannya. Alasanya adalah, biasanya orang yang mampu memaksimalkan kemampuan otak kanannya, akan cenderung memiliki sifat kreatif, inovatif, imajinatif dan variatif. Sedangkan,

            Cerdas saya maknai sebagai seseorang yang mampu memanfaatkan secara optimal dan menyeluruh antara kemampuan otak kanan dan otak kirinya.

            Definisi serta alasan di atas, hanya klasifikasi-klasifikasi menurut presepsi saya, karena begitulah tuntutan dari otak kiri saya dalam hal menganalisa. Paradigma (cara pandang) kita, tidak selalu terkait dengan keadaan di luar diri kita. Cara biasa berpikir yang terbiasa dengan otak kiri akan berbeda dengan cara berpikir orang yang terbiasa menggunakan otak kanan.

            Pandai dalam kelas di sekolah, mendapt nilai bagus dan ranking satu, bukan merupakan ukuran seseorang menjadi sukses atau tidak, juga bukan merupakan untuk dia menjadi cerdas atau tidak. Orang yang pandai belum tentu pintar, orang pintar belum tentu pandai dan orang cerdas perlu terus menerus untuk belajar agar mampu mengembangkan dan menggabungkan antara kepintaran dan kepandaiannya.


Senangnya berbagi.... :)
Bagi anda yang mau copas (Copy & Paste) silahkan saja, tapi jangan lupa... cantumkan url / alamat blog saya : http://caturabdiyanto.blogspot.com
Belajarlah untuk sportif....
Salam BBC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar